Wednesday, 11 January 2017

Membuat Visi Misi Serta Kualifikasi Tenaga Pendidik Dan Peserta didik

tugas mata kuliah ilmu pendidikan islam
membuat visi misi serta kualifikasi tenaga pendidik dan peserta didik yang ideal

RIZKY MAHFUZI
DIAN DIANA SAYUTI
SHELA PUTRITAWATI HARAHAP




VISI
UNGGUL DALAM MUTU, BERPIJAK PADA IMAN DAN TAKWA SERTA BERPRESTASI DAN TERDEPAN
MISI
1.      MEWUJUDKAN SEKOLAH INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN
2.      MENGEMBANGKAN ORGANISASI SEKOLAH YANG TERUS BELAJAR
3.      MEMPERDAYAKAN PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIK YANG MAMPU DAN TANGGUH
4.      MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI KECAKAPAN DALAM BAHASA ASING
5.      MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK YANG BERTARAF NASIONAL
6.      MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR PESERTA DIDIK BERBASIS MODERN

ARGUMEN:
·         Sebagai sekolah yang bernafaskan islam harus lah berpijak pada keimanan dan ketakwaan terhadap allah swt.
·         Berusaha dalam melaksanakan proses belajar mengajar sehingga muncul ketertarikan dari masyarakat untuk memasukkan anaknya pada sekolah yang memilikimetode belajar yang efektif,efisien dan menyenangkan
·         Memiliki tenaga pendidik yang terkualifikasi dengan baik sehingga  mampu menciptakan lulusan-lulusan yang berkualitas
·         Meberikan pelajaran bahasa asing kepada peserta didik sehingga menjadi modal untuk peserta didik menyambung pendidikan nya atau pun bekerja ( karena setiap akhir tahun selalu ada kegiatan magang salah satunnya ke jepang untuk bekerja dengan tamantan minimal sma )
·         Selalu mengikuti event-event lomba yang diselenggarakan berusaha dalam meraih segala prestasi selalu berusaha terdepan pada pendidikan menengah atas sehingga menjadi sekolah unggul dan berkualitas terbaik.





KURIKULUM
1.Pengembangan Kepribadian Islam
Tujuan pengembangan kepribadian Islam adalah membentuk pribadi yang unggul yang memiliki akidah yang lurus, ibadah yang benar dan akhlak yang mulia yang tercemin dalam perilaku setiap hari baik di sekolah maupun di rumah yang terintegrasi melalui kegiatan: Keagamaan, social serta Budaya Etika seorang muslim, sholat dhuha secara mandiri, sholat dzuhur berjamaah di masjid dan kegiatan-kegiatan keislaman lainya.
2.Penguasaan Bahasa Asing
Pembelajaran Bahasa asing Sebagai bekal untuk peserta didik dengan melalkukan kegiatan Club, Diskusi serta mempraktikkannya dilingkungan sekolah pada hari-hari tertentu
3.Penguasaan IPTEK
Dimensi pribadi unggul di bidang penguasaan IPTEK di MAN  Al Azhar dilakukan melalui program IT Based Curicullum, dimana kegiatan pembelajaran diintegrasiakan menggunakan perangkat multimedia yang didukung perangkat Wifi dan jaringan internet serta dilengkapi dengan laboratorium computer multimedia yang representatif.
4.Pengembangan Life Skill (ketrampilan, kemandirian dan kepribadian)
Keberhasilan sebuah proses pendidikan tidak hanya diukur dari aspek akademis, dalam hal penguasaan IPTEK semata, namun juga perlu dibekali dengan ilmu kecakapan global (global skill), kecakapan hidup(life skill), dan nilai-nilai luhur (Akhlaqul Karimah). (http://www.al-azharsolobaru.net/sma-islam-al-azhar-7-solo-baru/kurikulumsmaia7.html)

ARGUMEN
1. Memiliki kepribadian yang islami serta berusaha mewujudkan peserta didik yang berakhlakul karimah sesuai dengan ajaran islam, beretika serta berusaha melakukan kegiatan baik dan positif baik dilingkungan sekolah maupun luar ekolah
2. Belajar Bahasa Asing menjadi bekal untuk siswa ketika tamat dari sekolah dan melanjutkan jenjang perguruan tinggi, bekerja ataupun menjadi keterampilan lifeskill
3. mempelajari iptek sebagai bekal untuk bekerja dan mengikuti kemajuan zaman serta teknologi yang modern
4. pengembangan life skill sebagai suatu keterampilan bagi peserta didik untuk memiliki keahlian serta keterampilan selama sekolah.

MATA PELAJARAN
1.      Pendidikan Agama Islam
2.      Ilmu Fiqih
3.      Bahasa Arab
4.      Bahasa Jepang
5.      Bahasa Inggris
6.      Bahasa Indonesia
7.      Ilmu pengetahuan Alam ( IPA )
8.      Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
9.      Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PKN )
10.  Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan ( Penjaskes )
11.  Matematika
12.  Teknologi Informasi Komputer ( TIK )

EKSTRA KURIKULER
Ø  Seni Budaya :
·      Tari
·      Hadrah
·      Vokal Lagu
·      Alat Music
·      Teater
·      Puisi
Ø  Club Bahasa:
·      Bahasa Jepang
·      Bahasa Arab
·      Bahasa Inggris
Ø  Organisasi:
·         Pramuka
·         Osis
·         Pik-R
Ø  Keagamaan
·         Barzanji
·         Tilawatil Qur’an
·         Tahfidz
·         Al-qur’an Hadits
Ø  Olahraga


KUALIFIKASI TENAGA PENDIDIK
1.    DIUTAMAKAN TAMATAN S2 ( UNTUK S1 HARUSLAH SESUAI DENGAN JURUSANNYA)
2.    APABILA TAMATAN S1 HARUSLAH SUDAH BERPENGALAMAN
3.    PERNAH BERPRESTASI DALAM AJANG LOMBA SELAMA MENJADI SISWA DAN MAHASISWA ( DI BUKTIKAN DENGAN MELAMPIRKAN PIAGAM/SERTIFIKAT )
4.    TIDAK BERUSIA LEBIH DARI 35 TAHUN SAAT MASUK MENJADI GURU
5.    MAMPU MENGOPERASIKAN ICT
6.    KREATIF
7.    BERAGAMA ISLAM


ALASAN
·         Seorang guru haruslah memahami mata pelajaran apa yang akan dia ajar karena telah ia pelajari saat kuliah strata 1nya. Sedangkan untuk strata 2nya seluruh jurusan tidaklah menjadi sebuah permasalahan dalam mengajar
·         Apabila seorang guru tamatan strata 1 hendaklah ia telah memiliki pengalaman sebagai guru, karena apabila tidak memiliki pengalaman sama sekali maka proses pembelajaran tidak akan efisien, dan mengajar ini dianggap  proses belajar oleh calon guru
·         Piagam atau sertifikat berprestasi juga wajib dilampirkan oleh calon guru sehingga prestasi yang dimilikinya tersebut dapat dikembangkan di sekolah Al-azhar tersebut.
·         Usia juga mempengaruhi pembelajaran, guru yang muda biasanya memiliki semangat mengajar yang tinggi dan memiliki gairah dalam mengajar yang baik pula karena pengalaman serta jiwa muda yang tinggi.
·         Guru harus memiliki keahlian mengoperasikan ict karena pada setiap kelas telah tersedia proyektor ( in focus ) serta laptop untuk mengajar, sedangkan papan tulis hanyalah sebagai media pembantu saja dalam penyampaian belajar
·           Seorang guru harus lah dapat mengajar dengan cara yang kreatif, memiliki ide-ide menarik sehingga peserta didik tidak merasa bosan dalam belajar karena gurunya selalu berinofasi dalam menyampaikan materi belajar.


KUALIFIKASI PESERTA DIDIK
1.      CALON PESERTA DIDIK PERNAH MASUK DALAM 10 BESAR MINIMAL 4 KALI SELAMA MENJADI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH SEBELUMNYA
2.      MEMILIKI PIAGAM BERPRESTASI MINIMAL TINGKAT KABUPATEN MINIMAL 3
3.      SEHAT JASMANI DAN ROHANI ( MEMILIKI KETAHAN FISIK YANG KUAT TIDAK MEMILIKI PENYAKIT YANG BERAT )
4.      BERAGAMA ISLAM


ALASAN
·         Peserta didik yang pernah masuk dalam 10 besar selama 4 kali merupakan peserta didik yang berjuang dan pekerja keras untuk meraih prestasi belajar dikelasnya
·         Siswa yang memiliki piagam berprestasi minimal ditingkat kabupaten minimal 3 menandakan bahwa peserta didik tersebut aktif, kreatif dan cerdas sehingga cocok untuk menjadi peserta didik di MAN Al-azhar.
·         Siswa yang memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik akan dapat mengikuti segala macam kegiatan  yang ada di MAN al-azhar





 

No comments:

Post a Comment